Selasa, 26 Maret 2013

Tugas biologi asal usul kehidupan


  1. Penduduk Afrika utara terbagi kedalam 2 etnik yaitu suku berber (asli) dan suku arab. Dari kedua etnik ini didapatkan bahwa suku arab banyak menderita penyakit rhematik atau kandungan asam urat yang tinggi dalam darah.
    Data yang diperoleh diketahui bahwa suku berber sering mengkonsumsi infus sidagori (sida rhombifolia) yang tumbuh di pekarangan rumahnya. Diketahui bahwa infus ini dipercaya meningkatkan stamina.
    Dari sini belum terjawab apakah sidogori ini mengurangi kandungan asam urat dalam darah. Maka dilakukan percobaan dengan menginduksi tikus galur wistar agar terjadi hiperurisemia dengan cara memberikan melinjo (gnetum gnemon) secara oral.
    Setelah terjadi hiperurisemia maka diberikan infusan sidagori secara berulang, kemudian dilihat efeknya, yaitu kandungan asam urat dalam darah.
    Pertanyaan:
  1. Bagaimana rumusan masalah penelitian ini?
    Jawab:
    mengapa suku berber (asli) di Afrika utara tidak menderita penyakit rhematik atau kandungan asam urat dalam darah?
  2. Bagaimana rumusan hipotesis yang diajukan di dalam penelitian ini?
    Jawab:
    suku berber sering mengkonsumsi infus sidagori (sida rhombifolia) yang tumbuh di halaman rumahnya, diduga bahwa sidagori ini dapat mengurangi kandungan asam urat dalam darah.
  3. Bagaimana eksperimen yang dilakukan?
    Jawab:
    tikus galur wistar diinduksi agar terjadi hiperurisemia dengan cara memberikan melinjo (gnetum gnemon) secara oral. Setelah terjadi hiperurisemia maka tikus tersebut diberikan infusan sidagori secara berulang, kemudian dilihat efeknya, yaitu kandungan asam urat dalam darah.
  4. Tuliskan data yang diperoleh dari eksperimen!
    Jawab:
    setelah diperiksa kandungan asam urat dalam darah tikus alur wistar, ternyata kandungan asam urat dalam darah tikus berkurang.
  5. Tuliskan kesimpulan yang diperoleh!
    Jawab:
    terbukti bahwa sidagori (sida rhombifolia) yang biasa dikonsumsi oleh suku berber mampu mengurangi asam urat dalam darah seorang penderita rhematik.
        2. Beberapa teori yang pernah diajukan untuk menjawab permasalahan asal usul kehidupan, terangkan dengan singkat apa yang dimaksud dengan:
    1. Teori Kreasi Khas (Special Creation)
      jawab:
      Teori Kreasi Khas (Special Creation) adalah Kehidupan diciptakan oleh zat supranatural (gaib) pada saat istimewa.
    2. Teori Mantap
      jawab:
      Teori Mantap adalah kehidupan tidak berasal-usul (keadaan mantap)
    3. Teori Kosmozoan
      jawab:
      Teori Kosmozoan adalah Kehidupan berasal dari spora kehidupan yang datangnya dari luar angkasa
    4. Teori Generatio Spontanae
      jawab:
      Teori Generatio Spontanae adalah makluk hidup tercipta secara mendadak (spontan)
    5. Teori Abiogenesis
      jawab:
      Teori Abiogenesis adalah makhluk hidup berasal dari benda tak hidup (benda mati).
    6. Teori Biogenesis
      jawab:
      Teori Biogenesis adalah makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya
    3. Terangkan dengan lengkap mengenai teori abiogenesis, siapa pencetus ide ini dan apa yang mereka lakukan untuk memperkuat teori ini?
    Jawab:
    Teori abiogenesis mengatakan bahwa makhluk hidup berasal dari dari benda mati. Teori ini dikemukakan oleh Aristoteles, didukung oleh Antonie Van Leeuwenhoek dan John Needham.
    - Antonie Van Leeuwenhoek
    Leeuwenhoek berhasil membuat mikroskop dan melihat jasat renik dalam air bekas rendaman jerami. Dia mengemukakan teori yang mengatakan bahwa mikroorganisme berasal dari air rendaman (benda mati)
    - John Needham
    Needham melakukan penelitian dengan memanaskan air kaldu (bebas dari mikroorganisme), kemudian mendinginkan. Kemudian beberapa lama, didalam kaldu muncul mikroorganisme baru. Menurut Needham mikroorganime itu berasal dari air kaldu tadi (benda mati)
    4. Ceritakan tentang teori biogenesis, mulai dari pendukung teori ini dan percobaan yang dilakukan!
    Jawab:
    Teori biogenesis menyatakan makhluk hidup berasal dari makhluk hidup, hal ini sangat bertolak belakang dengan teori abiogenesis. Teori ini dikemukakan oleh beberapa ahli yaitu Francesco Redi, Lazzaro Spallanzani dan Louis Pasteur.
    - Francesco Redi
    Francisco Redi adalah seorang ilmuwan berkebangsaan Italia, ia merupakan orang pertama yang membantah teori Generatio Spontanea atau teori abiogenesis. Ia melakukan eksperimen menggunakan daging segar yang diletakkan di dalam tiga tabung. Perlakuan tabung I ditutup rapat, tabung II ditutup kain kasa dan tabung III tidak ditutup dan dibiarkan terbuka.
    Setelah beberapa hari dibiarkan kemudian di data apa yang terjadi dengan daging yang terdapat pada ketiga tabung tadi, ternyata tabung I tidak ada mikroba, tabung II terdapat sedikit mikroba, dan tabung III terdapat banyak mikroba. Hal ini terbukti bahwa mikroba yang berupa belatung yang terdapat pada daging tersebut berasal dari telur-telur lalat yang ditinggalkan pada saat lalat tersebut mengerumuni daging yang membusuk.
    - Lazzaro Spallanzani


Lazarro Spallanzani membuat penelitian mengenai biogenesis juga dilakukan oleh oendeta berkebangsaan Italia, pada tahun 1765. Ia mencoba membuktikan bahwa mikroorganisme yang ditemukan oleh Leuwwenhoek tidak muncul dengan sendirinya. Lazarro spallanzani melakukan percobaan dengan dua buah kaldu yang berisi air kaldu nutrien yang dipanaskan. Labu pertama diisi air kaldu nutrien, yang dipanaskan hingga suhu mencapai 15oC dan dibiarkan terbuka. Labu kedua diisi air nutrien kemudian dipanaskan mendidih (100oC) dan disumbat dengan gabus. Sesudah itu kedua labu didinginkan dan didiamkan selama 1 minggu. Hasil percobaan ini adalah pada labu pertama air kaldu keruh dan pada labu kedua air kaldu tetap jernih, tidak berbau, dan tidak mengandung mikroorganisme. Tetapi, jika selanjutnya labu kedua dibiarkan terbuka maka setelah beberapa hari air kaldu menjadi keruh dan berbau.
    - Louis Pasteur
    Pasteur menyempurnakan percobaan Redi dan Spallanzani. Ia menggunakan kaldu dalam labu yang disumbat dengan gabus. Selanjutnya gabus tersebut ditembus dengan pipa berbentuk leher angsa (huruf S), kemudian dipanaskan. Setelah dingin dibiarkan beberapa hari kemudian diamati. Ternyata air kaldu tetap jernih dan tidak ditemukan mikroba.
    5. Mengapa evolusi organik berhasil menetapkan teori biogenesis? Apa yang dibuktikan dari evolusi?
    Jawab:
    Evolusi organik adalah perkembangan progresif organ-organ hewan dan tumbuhan dari bentuk sederhana menjadi bentuk-bentuk yang lebih kompleks.
    Teori dikemukakan oleh Alexander L. Oparin. Menurut teori evolusi biologi, asal usul kehidupan berasal dari reaksi antara gas-gas metana (CH4), hidrogen (H2), uap air (H2O), dan amonia (NH3) yang mudah menguap ke atmosfer yang berada di cekungan air laut dengan energi radiasi benda-benda angkasa yang menghasilkan senyawa organik serupa alkohol dan asam amino. Hasil reaksi berupa asam amino berada pada cekungan laut membentuk sup purba (primordial sup). Dan juga ada teori perkembangan sel yang dikembangkan olek teori evalusi biologi.
    6. Terangkan teori evolusi menurut Oparin, Harold urey dan Stanley Miller!
    Jawab:
    Teori Evolusi Biologi Alexander Ivanovich Oparin, Harold urey dan Stanley Miller mengemukakan bahwa evolusi zat-zat kimia terjadi sebelum di bumi terdapat kehidupan. Seperti sebelumnya, zat anorganik berupa air, metana, karbon dioksida, dan amonia terkandung dalam atmosfer bumi. Zat anorganik tersebut membentuk zat-zat organik akibat adanya radiasi dari energi listrik yang berasal dari petir.
    Suhu di bumi terus menurun. Ketika sampai pada titik kondensasi, terjadi hujan yang mengikis batuan di bumi yang banyak mengandung zat-zat anorganik. Zat-zat anorganik tersebut terbawa ke lautan yang panas. Di lautan ini terbentuk sup purba atau sup primordial. Sup purba terus berkembang selama berjuta-juta tahun. Di dalam sup purba, terkandung zat anorganik, RNA, dan DNA. RNA yang dibutuhkan dalam proses sintesis protein dapat terbentuk dari DNA. Akibatnya, terbentuklah sel pertama. Sel pertama tersebut mampu membelah diri sehingga jumlahnya semakin banyak. Sejak saat itulah evolusi biologi berlangsung.


    Retno lesso_11010210046

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar